Articles

Kete Melaju ke Grand Final

In Roadrace - U Mild U Bikers Festrack 2009 on Januari 18, 2010 by Poeticpicture


SAMARINDA, 17 Mei 2009 – Panasnya sirkuit Kalan, Samarinda memacu adrenalin para pembalap Kalimantan yang bersaing ketat memperebutkan podium juara di arena road race U Mild U Bikers Festrack 2009 seri 2, Minggu (17/5). Dua pembalap andalan Kalimantan Timur Fitriasnyah Kete (#93) dari Lanay Jaya Racing Team dan Rudi Salim (#88) dari Team Diva Beruang Madu saling mengejar selama 18 lap.

Kete yang start dari grid pertama, harus mengakui kegigihan Rudi Salim. Dua kali Kete dikalahkan Rudi, saat putaran pertama MP1 dan MP2. Di putaran kedua Kete mempersiapkan diri lebih baik dan membalas kekalahannya sehingga akhirnya berhasil merebut podium pertama di dua kelas yaitu bebek 110 cc 4 tak tune up seeded (MP1) dan kelas bebek 125 cc 4 tak tune up seeded (MP2) dengan total poin hampir sempurna, masing masing 45.

Pada balap putaran pertama di kelas MP1, Rudy Salim berhasil menjadi yang tercepat dengan poin 25 dan catatan waktu 14:08:862, diikuti oleh Fitriansyah Kete yang meraih poin 20 dengan selisih waktu 6,746 detik dari Rudi disusul urutan ketiga pembalap asal Kalimantan Tengah, Fendy Setiawan dengan poin 16. Saat kualifikasi hari Sabtu (16/5), Kete dengan sportif memang mengakui saingan terberat dalam kompetisi U Mild U Bikers Festrack 2009 kali ini adalah Rudy Salim dan Nuzul Rahman dari tim Neon Restik 104.

Di putaran kedua MP1, meski terus ditempel Rudi, Kete membuktikan bahwa dirinya masih menjadi yang terbaik di Kalimantan Timur. “Rudi memang lawan berat, tapi sejak awal kompetisi saya yakin bisa merebut podium juara. Di putaran pertama, persneling motor saya lepas dan baut oli kendor sehingga bocor dan kena ban jadi licin dan kurang maksimal,tapi di putaran kedua sudah diperbaiki sehingga bisa tampil maksimal,” tegasnya saat jumpa pers usai race. Pembalap yang gemar bermain futsal ini akhirnya berhasil menjuarai kelas MP1 dengan catatan waktu total 14:01:969 dan meraih poin hampir sempurna yaitu 45. Pembalap asal Balikpapan, Rudy Salim finish kedua selisih tipis dengan Kete 2,854 detik dengan total waktu 14:04:822 dan mendapatkan poin 45, disusul pembalap asal Sampit Fredy S (#2) dari Yamaha Kevin Wijaya Motor. “Saya akan balas lagi Kete nanti di Kejurnas,” kata Rudi.

Media Relation Manager PT HM Sampoerna Veranita Kuspratiwi dalam jumpa pers usai Raceday, Minggu (17/05) di sirkuit Kalan, Samarinda mengatakan kemenangan Kete disambut kegembiraan oleh masyarakat Samarinda sebagai tuan rumah penyelenggaraan U Mild U Bikers Festrack 2009 seri 2 di Sirkuit Kalan. “Dengan kemenangannya ini Kete bisa melaju ke babak grand final U Mild U Bikers Festrack di Surabaya November mendatang untuk bersaing dengan pembalap MP1 luar Jawa lainnya dari hasil U Mild U Bikers Festrack 2009 seri Manado dan Batam memperebutkan satu tiket ke Asia Road Race Championship 2010 (dahulu bernama FIM Asian GP-red),” kata Veranita.

Di kelas bebek 125 cc 4 tak tune up seeded (MP2), Kete di podium pertama dan Rudi di tempat kedua sama-sama memperoleh poin tertinggi 45, diikuti Syaipulla Pazlah dari Laut Indah Racing Team Samarinda dengan poin 32.

Sementara itu di kelas bebek 110 CC 4 Tak Tune Up Pemula (MP3) putaran pertama, terjadi persaingan antara Chandra Bulang (#54) dari Arya Racing Team, Rendy Ramadani (4#) dari Yamaha SMSU STSJ FDR TDR dengan pembalap asal Kutai Barat, Rain Doni (#27). Chandra Bulang berhasil finish terdepan saat putaran pertama. Di putaran kedua, Chandra Bulang masih mendominasi race dan menjadi yang tercepat dengan catatan waktu 12:46:721, disusul Rendi 3,869 detik kemudian dan Opus Purna Nugraha rekan setim Chandra di tempat ketiga dengan waktu 12:50:181.

Dengan demikian, maka kejuaraan di kelas MP3 yang diikuti oleh 72 pembalap ini dimenangkan oleh Chandra Bulang dengan poin sempurna 50, Rendy Ramadani memperoleh poin 40 dan Opus di podium ketiga dengan jumlah poin 22. Rimonaq Franandus dari tim Lanay Jaya Racing Team yang meraih pole position saat kualifikasi hanya bisa bertengger di urutan keempat. “Kondisi trek dan anginnya bagus. Treknya bagus untuk nyobain motor dan ngetes skill juga. Di Grand Final U Mild U Bikers Surabaya nanti saya pasti ikut lagi,” kata Chandra. Sedangkan satu satunya pembalap asal Yogyakarta Rony Irawan (#146) dari LJM PT Jati Jajar Yogyakarta harus mengakui keunggulan pembalap Kaltim dan harus puas berada di urutan keenam.

Namun di kelas bebek 125 cc 4 tak tune up pemula (MP4), Roni berhasil merebut podium kedua dengan poin 20 dan catatan waktu 12:41:282. Tempat di kelas pemula ini diraih Opus Purna Nugraha (#24) dari Arya Racing Team Samarinda dengan waktu 12:40:607 dan poin 25, sedangkan pembalap dari Yamaha Ramona Nazar Balikpapan, Roby Harmoko (#179) meraih tempat ketiga dan poin 16 dengan total waktu 12:41:416.

Faryd Sungkar dari FR Action sebagai promotor balap mengatakan para pembalap Jawa memang tidak terbiasa dengan karakter sirkuit Kalan yang naik turun dan memiliki tingkat kesulitan tinggi. Sedangkan pembalap Kaltim lebih terbiasa dengan beberapa tikungan yang menanjak dan jalan menurun di trek Kalan yang unik. ”Sirkuitnya bagus di Jawa tidak ada yang seperti ini. Pembalap Kaltim memang bagus-bagus, salut,” kata Roni.

About these ads

Satu Tanggapan to “Kete Melaju ke Grand Final”

  1. skil balap kmu sngat performa………gimana yach bsa kayak kmu……….?????????????????

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: